Silahkan Anda pelajari isi tutorial di blog ini dengan baik dan teliti...semua tutorial di blog ini telah di coba terlebih dahulu sebelum di postingkan...untuk sebagian software yang tidak bisa di download Anda bisa comen pada postingan atau di chat dan untuk yang ingin bertanya,di waktu saya tidak online sebaik-nya di comen postingan,jika saya online bisa langsung di chat...By Bibiet Ps2 Loader.

Selasa, 14 Agustus 2012

Tips membuat tema OPL 0.8 dengan bantuan OPLutil

OPLutil merupakan aplikasi java yang dapat di gunakan untuk mengedit tema OPL 0.8. Aplikasi ini sangat di butuhkan saat pembuatan tema OPL 0.8, jadi tanpa menggunakan OPLutil tentunya kita akan kesulitan untuk melihat hasil akir dari tema yang kita buat.

OPLutil juga mempunyai kemampuan menampilkan tema melalui PC, tentunya  aplikasi tersebut akan sangat membantu sekali dalam pembuatan tema OPL 0.8.

Untuk pengeditan/menambahkan efek-efek tertentu pada gambar yang akan di gunakan sebagai tema OPL 0.8 kita bisa menggunakan Photo Shop, setelah itu kita edit dengan OpLutil melalui PC agar tema yang kita buat sesuai pada tampilan di layar TV.

OPLutil  bisa di gunakan di os windows dan untuk menjalankan-nya harus menggunakan aplikasi  Java(TM) Platfrom SE binary. Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan contoh pengeditan tema dengan mengunakan OPLutil.

Download dulu aplikasi java(TM) Platfrom SE binary pada link di atas,estrak,instal pada computer (memerlukan koneksi intenet), kemudian download OPLutil,instal pada computer di local disk (C).

Setelah semua penginstalan selesai,...buka OPLutil:

 Pilih OPLutil bahasa indonesia klik kanan Open with buka dengan Java(TM) Platfrom SE binary:

Selanjutnya di perlukan pengaturan path yang di gunakan oleh OPLutil untuk meload tema yang ada di OPLutil. Klik pada pengaturan,pilih persiapan akan tampil seperti di bawah ini:

Pada OPLutil di isikan path sebagai berikut:
  • PS2SMB share: C:\Oplutil\PS2SMB.
  • USB device path: C:\Oplutil\USB.
  • Pada pengaturan yang kosong bisa di gunakan untuk pengaturan yang di perlukan.
Kemudian klik OK akan tampil seperti di bawah ini:

Untuk menerapkan tema yang sudah kita masukkan di OPLutil pada folder THM agar di tampilkan oleh menu OPLutil, klik pada tema akan tampil seperti di bawah ini:

Kemudian klik pada nama tema yang di inginkan untuk USB Game, pada contoh di atas adalah tema Azuka dan setelah di klik akan tampil seperti di bawah ini:

Kemudian pada pengaturan display setting yang ada pada bagian bawah/Type PS2, kita bisa mengatur setting sesuai ke inginan kita.

Penjelasan:
  • Jika kita memilih setting pada PAL maka: oplutil akan menampilkan tema-nya jika di gunakan pada PS2 PAL
  • Jika kita memilih setting pada NTSC maka: oplutil akan menampilkan tema-nya jika di gunakan pada PS2 NTSC
  • Jika kita setting pada Model TV maka: oplutil akan menampilkan tema-nya jika di gunakan pada PS2 Model TV
Selanjutnya untuk menggerakkan kursor/untuk memindahkan game pada tampilan menu OPLutil,klik pada nama game kemudian gunakan tombol arah keyboard. Tampilan dari contoh diatas merupakan tampilan tema yang nantinya akan di tampilkan pada layar TV.

Jika teman-teman ingin membuat tema dari kreasi teman sendiri, ganti saja image tema yang ada di OPLutil pada folder THM. Setelah di tentukan ganti nama image-nya menjadi background dan untuk ukuran image-nya rubah menjadi 640x480 dan untuk conf_theme bisa menggunakan conf_theme dari tema tersebut, atau jika conf_theme tidak cocok dengan image-nya, kita bisa mendit dan mengatur/mencocokan dengan image-nya.

Drag conf_theme pada notepat, akan tampil seperti di bawah ini:

Kita bisa mengatur conf_theme tersebut sesuai ke inginan kita, rubah saja code-code angka yang ada di dalam conf_theme tersebut sesuai ke inginan teman-teman dan untuk melihat perubahannya kita bisa menampilkannya di OPLutil dengan meload-nya kembali, kemudian jika conf_theme sudah di atur dan di cocokan dengan imagenya kita bisa men-savenya kembali. OK semoga tips ini bisa membantu teman-teman dalam membuat tema untuk OPL 0.8.

Selamat mencoba.

Tips & Trik Di Ps2 © 2008 Template by SkinCorner
Powered by Blogger